TEMPLET RPP KURIKULUM 2013 -->

TEMPLET RPP KURIKULUM 2013

Friday, July 12, 2019, July 12, 2019
Assalamu'alaikum, Wr Wb.

Pada kesempatan ini kami akan berbagi contoh templet RPP kurikulum 2013 atau biasa disingkat menjadi "kurtilas". dengan adanya templet ini semoga bisa membantu bagaimana cara membuat atau menyusun RPP Kurikulum 2013 secara mudah. 

Di bawah ini contoh templet RPP Kurikulum 2013, silakan untuk dibaca, dipelajari dan diterapkan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

Sekolah                 :  ………………………………                        
Mata Pelajaran :  ………………………………
Kelas/Semester :  ………………………………   
Materi Pokok         :  ……………………………….
Alokasi Waktu :  ….x….. Menit (……Pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
KI 1 Lihat di silabus tinggal memindahkan saja
KI 2 Lihat di silabus tinggal memindahkan saja
KI 3 Lihat di silabus tinggal memindahkan saja
KI 4 Lihat di silabus tinggal memindahkan saja

C.    Tujuan Pembelajaran
Tuliskan tujuan pembelajaran terutama untuk mengakomodasi KI 1 (sikap spiritual) dan KI 2 (sikap dan sosial)

D.    Materi Pembelajaran
Tulislah materi inti/pokok-pokok materi yang akan diajarkan

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1.      Pendekatan                : Saintifik
2.      Model Pembelajaran :  ……………………….……………
3.      Metode                      :  …………………………………….

F.     Media/Alatf dan Bahan
1. Media/Alat
•         .................................
•         ..................................
2. Bahan
•           ......................................(Lembar Kerja)
•         ..................................... (Power Point)

G.      SumberBelajar
Tuliskan sumber rujukan yang digunakan (Nama, Tahun, Judul Buku, Kota Penerbit. Nama Penerbit).

H.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 ×45 menit)
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi waktu
Pendahuluan 1.    Peserta didik dengan sungguh-sungguh merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.    Peserta didik dengan kritis merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya.
a. Apa yang Anda ketahui tentang teks eksplanasi?
b. Apa yang Anda ketahui tentang struktur teks eksplanasi?
3.      Peserta didik dengan kritis menyimak informasi dari guru tentang  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik dengan aktif merespon informasi dari guru tentang hal-hal yang akan dipela¬jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran.

10 Menit
Inti Orientasi siswa pada masalah
1.   Peserta didik secara berkelompok dengan kritis mengamati video berisi eksplanasi dan atau contoh teks eksplanasi pada buku siswa halaman 48-50.
Mengorganisasi siswa dalam belajar
2.   Peserta didik bekerja sama dalam kelompok dengan kritis mengidentifikasi permasalahan berkaitan dengan isi dan struktur teks eksplanasi.
3.   Peserta didik bekerja sama dalam kelompok dengan kritis merumuskan permasalahan yang berkaitan dengan isi dan struktur teks eksplanasi.
4.   Peserta didik dengan kritis memberikan tanggapan dan pendapat terhadap permasalahan berkaitan dengan isi dan struktur teks eksplanasi.
Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
5.   Peserta didik difasilitasi dan dibimbing guru bekerja sama dalam kelompok  mendiskusikan hal-hal berikut.
a. Mengidentifikasi dengan kritis isi teks eksplanasi yang termasuk identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan ulasan.
b. Menentukan bersama isi teks eksplanasi yang termasuk identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan ulasan.
c. Menganilisis dengan kritis isi teks eksplanasi yang termasuk identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan ulasan.
d. Mengidentifikasi dengan kritis struktur teks eksplanasi yang meliputi identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan ulasan.
e. Menentukan bersama struktur teks eksplanasi yang meliputi identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan ulasan.
f. Menganilisis dengan kritis struktur teks eksplanasi yang meliputi identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan ulasan.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
6.    Peserta didik bekerja sama dalam kelompok menyusun laporan hasil diskusi berkaitan dengan hal-hal sebagai berikut.
a. Mengidentifikasi dengan kritis isi teks eksplanasi yang termasuk identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan ulasan.
b. Menentukan bersama isi teks eksplanasi yang termasuk tujuan identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan ulasan.
c. Menganilisis dengan kritis isi teks eksplanasi yang termasuk identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan ulasan.
d. Mengidentifikasi dengan kritis struktur teks eksplanasi yang meliputi identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan ulasan.
e. Menentukan bersama dalam kelompok struktur teks eksplanasi yang meliputi identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan ulasan.
f. Menganilisis dengan kritis struktur teks eksplanasi yang meliputi identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan ulasan.
7.    Peserta didik dengan percaya diri mempresentasikan atau menyajikan hasil diskusi kelompok.
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
8.   Peserta didik dengan kritis mengevaluasi atau menanggapi presentasi hasil diskusi kelompok lain.
9.   Peserta didik bekerja sama memperbaiki hasil diskusi berdasarkan masukan/saran dari kelompok lain.
Mengonstruksi terbimbing
10. Peserta didik dibimbing guru dalam kelompok bekerja sama menentukan topik/judul teks deskripsi yang tepat sesuai dengan data hasil analisis isi teks eksplanasi.
11. Peserta didik dibimbing guru bekerja sama mengembangkan topik dalam bentuk kerangka teks eksplanasi dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web) atau teknik lainnya yang sesuai.
Mengonstruksi Mandiri
12. Peserta didik dengan mandiri dan kreatif menetapkan topik kemudian mengembangkannya dalam bentuk kerangka teks eksplanasi dengan memerhatikan hasil analisis isi dan struktur teks eksplanasi.

70 Menit
Penutup 1.   Peserta didik dengan kritis menyusun rangkuman/ simpulan atau refleksi pembelajaran.
2.   Peserta didik dengan kritis merespon umpan balik dari guru.
3.   Peserta didik dengan sungguh-sungguh dan jujur melaksanakan penilaian oleh guru.
4.  Peserta didik dengan kritis dan tanggung jawab merespon tugas dari guru untuk mencari teks eksplanasi dan menganalisis isi dan strukturnya.
5.  Peserta didik dengan kritis merespon informasi rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya yang disampaikan oleh guru.
6.  Peserta didik dengan sungguh-sungguh merespon salam penutup dari guru.
10 Menit

I.      Penilaian
         1.      Penilaian Sikap
                  a.          TeknikPenilaian       : …………………………
                  b.         BentukPenilaian        : …………………………
                  c.          InstrumenPenilaian   : …………………………
         2.      Pengetahuan   
                  a.       TeknikPenilaian           : ………………………..
                  b.      BentukTes                     : …………………………
                  c.       InstrumenPenilaian      : ……………….. (Terlampir)

         3. Keterampilan
                 a. Teknik Penilaian             : .............................
                 b. Instrumen Penilaian        : .............................
          4.      Remedial
                 a. ………………………………………….
                 b. ………………………………………….
          5.      Pengayaan
                 a. ……………………………………………
                 b. …………………………………………….

                                                                                                Nama Kota, Tanggal Tanggal tahun
Mengetahui
Kepala Sekolah/Madrasah …………………..                                   Guru Mata Pelajaran,
                                                                    


……………………………                                                                …………………………….
NIP.                                                                NIP.

TerPopuler