Cara Menghitung Minggu Efektif Pembelajaran Terbaru -->

Cara Menghitung Minggu Efektif Pembelajaran Terbaru

Saturday, July 20, 2019, July 20, 2019
Menghitung minggu efektif merupakan salah satu  langkah awal dalam menyusun dan pembuatan administrasi pembelajaran bagi guru.  Dengan langkah awal ini maka penyusunan perangkat pembelajaran yang lainnya akan mudah dibuat atau disusun. 

Silakan untuk dipelajari dan dipahami bagaimana cara menyusun dan menghitung minggu efektif. Jika ada hal yang perlu ditanyakan atau ada kekeliruan dalam tulisan ini silakan tulis komentar di kolom komentar di bawah.

Minggu efektif adalah perhitungan hari dan minggu efektif yang digunakan untuk mengatur kegiatan pembelajaran di sekolah atau madrasah.

Tujuan menghitung minggu efektif adalah kita bisa menyusun dan merencanakan program pembelajaran kita sebagai guru di kelas selama satu tahun pelajaran. Dengan demikian tujuan pembelajaran pada tiap-tiap pelaksanaan pembelajaran akan tercapai.

Fungsi minggu efektif ini adalah mengatur waktu dan kegiatan pembelajaran di sekolah dan madrasah mulai dari awal tahun pelajaran yang kita ketahui dimulai bulan Juli sampai akhir tahun pelajaran di bulan Juni.

Manfaat dari menghitung dan menyusun minggu efektif adalah:
  1. Untuk mengetahui hari dan minggu yang efektif dan tidak efektif untuk kegiatan pembelajaran.
  2. Pedoman bagi para pendidik dan pengajar untuk membagi dan mengatur alokasi waktu kegiatan pembelajaran
  3. sebagai bahan acuan untuk membuat perangkat pembelajaran seperti program tahunan (prota) dan program semester (promes).
  4. Memudahkan bagi para pendidik dan pengajar dalam membuat dan menyusun RPP.
  5. Meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas

Perhitungan ini digunakan oleh pihak yang terkait dengan pendidikan. Pihak terkait misalnya pemerintah, sekolah, guru serta stakeholder lainnya.

Setiap Jenjang mulai dari TK, SD sederajat, SMP sederajat, SMA sederajat dan bahkan kampuspun ada perhitungan minggu efektifnya.

Dengan perhitungan minggu efektif ini juga kita dimudahkan dalam menargetkan materi-materi, dan bahan-bahan yang harus disampaikan kepada peserta didik.

Di sini kami akan memberikan bagaimana cara menghitung jumlah minggu efektif serta contoh format file menghitung minggu efektif.

Walaupun mungkin tulisan ini cukup singkat tapi semoga saja dengan adanya informasi ini membantu guru untuk menyelesaikan salah satu tugasnya yaitu menghitung jumlah minggu efektif. 

Cara Menghitung Minggu Efektif Pembelajaran

Cara Menghitung Minggu Efektif Pembelajaran 2019-2020
Cara Menghitung Minggu Efektif Pembelajaran

Menghitung minggu efektif pembelajaran itu tidak terlalu sulit jika kita bisa memahaminya langkah-langkah menghitungnya.


Mari sama-sama kita mempelajari bagaimana cara menghitung minggu efektif. Semoga dengan informasi ini pengetahuan dan pengalaman kita akan bertambah. 

Lihat Juga :10 Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar Siswa

Dan semoga kita bisa meningkatkan kemampuan profesionalitas kita dalam membimbing dan mendidik peserta didik di sekolah atau madrasah tempat kita bekerja.

Cara Menghitung Minggu Efektif Pembelajaran

Pertama (siapkan kalender pendidikan)

Langkah awal dalam menghitung jumlah minggu efektif adalah perlu kita sediakan kalender pendidikan.

Biasanya kalender pendidikan ini di keluarkan oleh dinas pendidikan atau kantor kementerian agama setempat dimana kita satuan kerja kita berada. Ini adalah awal pertama yang harus kita siapkan dalam menghitung minggu efektif. 

Kalender pendidikan tersebut merupakan pedoman baik untuk menyusun program pembelajaran maupun program-program yang lain nantinya. 

Jadi dengan demikian perlu kita siapkan kalender pendidikan yang terbaru yang di dapat dari pemerintah.

Dan perlu diingat, kalender pendidikan tidak bisa dibuat sendiri oleh kita melainkan dibuat oleh pemerintah. 

Berikut ini merupakan kalender pendidikan dari Kementerian Agama Kantor Wilayah Kalimantan Selatan. 

Silakan untuk diunduh Kalender Pendidikan Madrasah 2019-2020 Kalimantan Selatan

Kedua (menghitung jumlah pekan)

Langkah yang kedua ini, kita menghitung jumlah seluruh pekan dalam satu bulan. Dimulai dari bulan Juli (karena awal tahun pelajaran) sampai bulan Desember (karena akhir semester pertama atau ganjil). 

Kemudian kita hitung lagi jumlah seluruh pekan dalam bulan Januari sampai dengan bulan Juni. 

Dan sekedar tambahan semester kedua atau genap adalah dimulai bulan Januari sampai bulan Juni tahun kalender berikutnya.

Ketiga (menentukan jumlah hari efektif)

Perlu diperhatikan dalam menentukan jumlah hari efektif dalam satu pekan. Mintalah  jadwal mengajar Anda untuk menyesuaikan hari-hari efektif dalam satu pekan. 

Kadang-kadang dalam satu pekan ada beberapa hari yang tidak efektif dan jangan langsung dimasukan bahwa pekan tersebut adalah pekan tidak efektif. 

Tapi lihat dulu apakah ada jadwal mengajar kita di jika ada dan tidak terkena misalnya tanggal merah maka pekan tersebut adalah hari dan pekan efektif dalam kegiatan pembelajaran.

Keempat (merekapitulasi hari tidak efektif)

    Selanjutnya kita menghitung dan membuat rekapitulasi jumlah hari libur dan tanggal merah (hari minggu lewatkan saja) serta hari ketika ada kegiatan sekolah yang tidak masuk kelas misalkan MOS, Pasca PAS (Penilaian Akhir Semester).

    Kenapa kita menghitung dan merekapitulasi hari libur, tanggal merah dan kegiatan-kegiatan tidak tatap muka di kelas? alasannya adalah sebagai pengurang dari jumlah minggu efektif.

    Kelima (menghitung pekan tidak efektif)

    Langkah ini kita menghitung pekan yang tidak aktif, caranya jika dalam satu pekan itu ada empat hari tidak masuk kelas maka dianggap tidak efektif. 

    Dan jika jumlah hari dalam satu pekan itu berjumlah tiga hari atau kurang maka dianggap minggu tidak efektif. Hitunglah perpekan kemudian rekap perbulan.

    Keenam (menghitung jumlah minggu efektif)

    Setelah kita mendapatkan pekan tidak efektif selanjutnya kita menghitung jumlah minggu efektif. 

    Caranya adalah jumlah pekan dalam satu semester dari Juli sampai dengan Desember dikurangi dengan Jumlah minggu tidak efektif yang sudah kita hitung. 

    Jumlah pekan dalam satu semester - kurangi dengan Jumlah minggu tidak efektif = jumlah pekan efektif dalam satu semester.

    Dan dengan hasil pengurangan tadi maka ditemukanlah jumlah minggu efektif dalam satu semester.

    Kemudian lanjutkan lagi untuk menghitung minggu atau pekan efektif di semester 2 atau genap.

    Ketujuh (menghitung jumlah jam alokasi pembelajaran)

    Langkah yang terakhir adalah menghitung jumlah jam alokasi belajar yaitu dengan mengalikan jumlah minggu efektif dengan jumlah jam pelajaran satu minggu dalam satu kelas.

    Misalkan mata pelajaran Bahasa Indonesia ada 4 (empat) JP (jam pelajaran) dikalikan dengan jumlah pekan efektif yang dihitung tadi.

    Berikut ini contoh perhitungan minggu efektif untuk tahun pelajaran 2022-2023. silakan bapak ibu guru dan yang lainnya untuk mendownload atau mengunduh secara gratis.

    Jika artikel ini membantu anda dalam menyusun dan menghitung pekan atau minggu efektif silakan bagikan kepada teman-teman yang lainnya. Demikian semoga bermanfaat untuk kita semua untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Amin

    Contoh File Perhitungan Minggu Efektif

     Contoh File Perhitungan Minggu Efektif

    Baca Juga

    TerPopuler