Pentingkah Akreditasi Kampus untuk Kita? -->

Pentingkah Akreditasi Kampus untuk Kita?

Thursday, November 28, 2019, November 28, 2019
Ada salah satu cerita teman saya yang sedang mendaftar CPNS 2019. Cerita ini berkaitan dengan akreditasi kampus baik akreditasi institusinya maupun akreditasi prodi atau program studinya. ternyata akreditasi kampus itu salah satu yang sangat menentukan kelulusan administrasi berkas yang pada saat pendaftaran CPNS.

Saya sebagai guru yang mengajar di tingkat menengah atas biasanya memberikan saran dan gambaran kepada peserta didik saya jika ingin melanjut studi ke perguruan tinggi agar memperhatikan salah satunya akreditasi kampusnya agar nanti jika ingin melamar pekerjaan baik nantinya bekerja di bidang pemerintahan maupun di bidang swasta. Salah satu pertimbangan untuk mengetahui akreditasi kampus tersebut adalah untuk mempermudah kita nantinya dalam melamar pekerjaan.

Berkaitan dengan pendaftaran CPNS. Salah satu syarat dalam melengkapi berkas adalah melampirkan surat akreditasi kampus dan atau akreditasi jurusannya. Ini merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh pendaftar CPNS tahun 2019.

Lalu seberapa penting akreditasi kampus itu? mungkin saat ini banyak sekali orang-orang bertanya seperti itu. atau ada juga yang bertanya-tanya untuk apa akreditasi kampus itu?

Ketika saya kuliah dulu tidak pernah memikirkan untuk daftar kuliah dengan mempertimbangkan apa status akreditasi yang saat itu disandang oleh kampus. Yang penting saya bisa kuliah sesuai dengan keinginan saya yaitu bercita-cita menjadi guru. Mungkin karena nasib yang mujur saya diterima di kampus yang saat ini status akreditasinya adalah B.

Ketika selesai kuliah ternyata saya baru tahu bahwa memang akreditasi kampus itu sangat penting. Baik untuk institusi kampus itu sendiri maupun untuk para alumninya. Jika kampus tersebut memiliki akreditasi yang bagus dan mampu mempertahankannya maka kampus tersebut merupakan kampus yang bagus.

Pentingya akreditasi jika dari pendapat saya adalah:
  • merupakan barometer mutu suatu kampus
  • evaluasi mutu dan kelayakan institusi
  • menjaga mutu 
  • daya nilai kualitas di mata masyarakat
sedangkan jika dari kacamata masyarakat pentingnya akreditasi adalah:

  • kampus yang akreditasinya bagus merupakan kampus yang bagus
  • mendapatkan pelayanan yang prima baik dari pelayanan akademik maupun nonakademik
  • menjadi kampus favorit dan menjadi rebutan untuk memasukinya.
  • ada nilai prestise yang baik di mata masyarakat.
Demikian tulisan yang singkat ini. Semoga saja pendidikan yang di Indonesia lebih baik lagi dan merata agar para pemuda dan pemudi menjadi manusia yang madani. Amin


Lihat Juga

TerPopuler