Penyusunan Instrumen Soal Asesmen Madrasah -->

Penyusunan Instrumen Soal Asesmen Madrasah

Monday, August 7, 2023, August 07, 2023
Penyusunan Instrumen Soal Asesmen Madrasah (AM)
Penyusunan Instrumen Soal Asesmen Madrasah (AM)


Penyusunan Instrumen Soal Asesmen Madrasah (AM)

Penyusunan Instrumen

1. Bentuk Asesmen

2. Tahapan

3. Instrumen Asesmen

4. Contoh Kisi-kisi dan soal


1. Bentuk Asesmen

Berdasarkan SK Dirjen Pendis Nomor  901 Tahun 2023, bentuk asesmen dapat berupa; tes tertulis, prraktik, portofolio, penugasan dan/atau bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah

Madrasah dapat me,ilih salah satu atau gabungan beberapa bentuk asesmen sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan diukur


2. Tahapan Penyusunan Instrumen AM

- Menentukan Materi esensial

- Menganalisi kompetensi dasar (KD)

- Menyusun kisi-kisi

- Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual

- Menulis butir soal sesuai dengan stimulus

- Membuat kunci jawaban dan pedoman penskoran


3. Bentuk soal

- Pilihan ganda

- Pilihan ganda kompleks : Benar/Salah

- Pilihan ganda kompleks : Multiple check

- Menjodohkan

- Isian singkat

- essay


4. Soal

- Stimulus

- Konten

- Konteks

- Level kognitif

- Bentuk soal


5. Ciri Stimulus

- Dapat digunakan untuk berbagai level kognitif dan beragam soal

- Sesuai dengan konteks

- Problematis (dari berbagai sudut pandang)

- Memiliki potensi (tersirat) untuk peserta didik melakukan prediksi, menduga asumsi, menafsirkan, mencipta


6. Kaidah Penulisan Soal Pilihan Ganda (Kompleks)

- Soal harus sesuai dengan indikator

- Pilihan jawaban harus homogen dan logis

- Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar dan opsi lainnya harus berfungsi sebagai pengecoh

- Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas

- Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja

- Pokok soal jangan emmberi petunjuk ke arah jawaban yang benar

- Pokok soal jangan mengandung pernytaan yang bersifat negetaif ganda

- Panjang rumusan pilihan jawsban harus relatif setara

- Pilihan jawabn jangan mengandung pernyataan :semua pilihan jawaban di atas salah “atau” semua pilihan jawaban diatas benar

- Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka tersebut atau kronologisnya

- Gambar, garfik, tabel, diagram, atau sejenisnya yang terdapat pada soal haus je;as dan berfungsi

- Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya

- Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar

- Setiap soal harus menggunakan bahasa yang komunikatif 


7. Kaidah Penulisan Soal Benar – Salah

- Soal harus seusia dengan indikator

- Pilihan jawaban berupa pernyataan

- Hal yang ditanyakan harus homogen dari segi isi dan teknis penyajian

- Pokok sosla harus dirumuskan secara jelas dan tegas

- Tidak menggunakan pernyataan negetif dan pernyataan negatif ganda

- Hanya menerapkan satu konsep pada setiap pernyataan


8. Matching Items (Menjodohkan)

- Terdiri atas dua daftar paralel kata atau frasa yang cocok

- Entri dalam daftar yang mencari kecocokan disebut sebagai premis

- Entri dalam daftar yang cocok disebut sebagi respon


9. Kaidah Penulisan Soal Isian singkat

- Soal harus sesuai dengan indikator

- Soal menggali pemahaman yang  konprehensif

- Setiap soal harus mempunyai jawaban yang benar

- Kalimat sssoal menggunakan pertanyaan langsung atau pernyataan tidak lengkap

- Jawaban soal harus ringkas (jawaban satu angka/kata)

- Menempatkan kolom kosong di margin untuk pertanyaan langsung atau diakhir pernyataan yang tidak lengkap.

TerPopuler