![]() |
Penyusunan Instrumen Soal Asesmen Madrasah (AM) |
Penyusunan Instrumen Soal Asesmen Madrasah (AM)
Penyusunan Instrumen
1. Bentuk Asesmen
2. Tahapan
3. Instrumen Asesmen
4. Contoh Kisi-kisi dan soal
1. Bentuk Asesmen
Berdasarkan SK Dirjen Pendis Nomor 901 Tahun 2023, bentuk asesmen dapat berupa; tes tertulis, prraktik, portofolio, penugasan dan/atau bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah
Madrasah dapat me,ilih salah satu atau gabungan beberapa bentuk asesmen sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan diukur
2. Tahapan Penyusunan Instrumen AM
- Menentukan Materi esensial
- Menganalisi kompetensi dasar (KD)
- Menyusun kisi-kisi
- Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual
- Menulis butir soal sesuai dengan stimulus
- Membuat kunci jawaban dan pedoman penskoran
3. Bentuk soal
- Pilihan ganda
- Pilihan ganda kompleks : Benar/Salah
- Pilihan ganda kompleks : Multiple check
- Menjodohkan
- Isian singkat
- essay
4. Soal
- Stimulus
- Konten
- Konteks
- Level kognitif
- Bentuk soal
5. Ciri Stimulus
- Dapat digunakan untuk berbagai level kognitif dan beragam soal
- Sesuai dengan konteks
- Problematis (dari berbagai sudut pandang)
- Memiliki potensi (tersirat) untuk peserta didik melakukan prediksi, menduga asumsi, menafsirkan, mencipta
6. Kaidah Penulisan Soal Pilihan Ganda (Kompleks)
- Soal harus sesuai dengan indikator
- Pilihan jawaban harus homogen dan logis
- Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar dan opsi lainnya harus berfungsi sebagai pengecoh
- Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas
- Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja
- Pokok soal jangan emmberi petunjuk ke arah jawaban yang benar
- Pokok soal jangan mengandung pernytaan yang bersifat negetaif ganda
- Panjang rumusan pilihan jawsban harus relatif setara
- Pilihan jawabn jangan mengandung pernyataan :semua pilihan jawaban di atas salah “atau” semua pilihan jawaban diatas benar
- Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka tersebut atau kronologisnya
- Gambar, garfik, tabel, diagram, atau sejenisnya yang terdapat pada soal haus je;as dan berfungsi
- Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya
- Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar
- Setiap soal harus menggunakan bahasa yang komunikatif
7. Kaidah Penulisan Soal Benar – Salah
- Soal harus seusia dengan indikator
- Pilihan jawaban berupa pernyataan
- Hal yang ditanyakan harus homogen dari segi isi dan teknis penyajian
- Pokok sosla harus dirumuskan secara jelas dan tegas
- Tidak menggunakan pernyataan negetif dan pernyataan negatif ganda
- Hanya menerapkan satu konsep pada setiap pernyataan
8. Matching Items (Menjodohkan)
- Terdiri atas dua daftar paralel kata atau frasa yang cocok
- Entri dalam daftar yang mencari kecocokan disebut sebagai premis
- Entri dalam daftar yang cocok disebut sebagi respon
9. Kaidah Penulisan Soal Isian singkat
- Soal harus sesuai dengan indikator
- Soal menggali pemahaman yang konprehensif
- Setiap soal harus mempunyai jawaban yang benar
- Kalimat sssoal menggunakan pertanyaan langsung atau pernyataan tidak lengkap
- Jawaban soal harus ringkas (jawaban satu angka/kata)
- Menempatkan kolom kosong di margin untuk pertanyaan langsung atau diakhir pernyataan yang tidak lengkap.