CERITA PENGALAMAN PERIBADI MENEMBUS CPNS 2018 BAGIAN 2 -->

CERITA PENGALAMAN PERIBADI MENEMBUS CPNS 2018 BAGIAN 2

Friday, August 9, 2019, August 09, 2019
Assalamu'alaikum, selamat bertemu lagi kepada para pembaca artikel ini. Pada artikel ini kami akan melanjutkan cerita pengalaman pribadi menembus CPNS 2018. Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini menjadikan kita yang ingin dan bercita-cita menjadi pegawai negeri termotivasi.
Sebelum membaca artikel ini, kami sarankan agar membaca artikel sebelumnya yang berjudul



Setelah membaca informasi tersebut, muncul lah semangat untuk mencari informasi tersebut dan berharap bahwa informasi itu benar adanya. Kalau tidak salah keesokan harinya saya mendapat informasi bahwa pemerintah akan membuat peraturan baru terkait CPNS 2018.

Dan akhirnya memang benar bahwa dalam waktu dekat pemerintah akan menerbitkan Peraturan Menteri Nomor 61 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kempan RB). Ada dua kelompok peserta yang akan mengikuti seleksi selanjutnya menurut peraturan tersebut. Kelompok yang pertama adalah peserta yang dinyatakan lulus karena telah melampaui passing grade yang ditetapkan. Sedangkan kelompok yang kedua merupakan terbitnya Peraturan Menteri Nomor 61 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kempan RB).

Dengan demikian ada harapan bagi kami untuk mengikuti seleksi selanjutnya yaitu seleksi kompetensi bidang atau SKB. Kemudian saya mengatur strategi walaupun stategi yang kami lakukan merupakan strategi yang sederhana.
Singkat cerita kamipun mengikuti SKB. SKB yang kami ikuti pada waktu itu tiga hari. Hari pertama kami pada SKB kami mengikuti seleksi psikotes, hari kedua kami mengikuti tes wawancara dan hari ketiga micro teaching.


Segala upaya pun kami lakukan untuk bisa lolos yang kami anggap bagaikan mencari jarum di tumpukan jerami. Mulai dari mencari bahan dan materi di
internet sampai pinjam buku ke teman-teman dan ke perpustakaan. Setelah SKB itu kamipun beraktivitas seperti biasa.
Dan akhirnya berkat doa dari segala pihak dan kerja keras serta menuggu pengumuman dengan sabar, pada malam hari ditemani anak yang kebetulan tidak mau tidur sampai larut malam dan istri di kamar tidur, akhir pengumuman pun sudah dibuka.

Dengan perlahan dan sabar lagi menunggu hasil unduhan selesai akhirnya dengan hati yang sedikit gugup kami menemukan nama kami berada di urutan ke sembilan untuk formasi guru bahasa Indonesia dan kami lihat di pojok kanan di kolom keterangan tertulis P2/L yang artinya kami lulus sebagai CPNS tahun 2018.

Demikian cerita pengalaman pribadi menembus CPNS 2018 ini semoga apa yang kami tulis ini memberikan inspirasi dan motivasi kepada yang ingin berniat mengikuti seleksi CPNS akan datang.

Baca Juga!!!

TerPopuler