Tips Lulus CPNS (Pengalaman Pribadi) -->

Tips Lulus CPNS (Pengalaman Pribadi)

Tuesday, August 27, 2019, August 27, 2019
Tips Lulus CPNS(Pengalaman Pribadi) - Bagi sebagian orang ingin sekali menjadi abdi negara atau pegawai negeri sipil.

Menjadi pegawai negeri sipil memang masih menjadi pekerjaan favorit banyak orang.

Hal ini bisa dilihat dari jumlah pendaftaran peserta cpns yang banyak sekali padahal untuk peluang untuk lolos sangat sedikit bisa.

Kenapa orang ingin sekali menjadi pegawai negeri sipil, pertanyaan ini mungkin sudah sering di dengar.

Mungkin salah satu jawaban adalah dengan menjadi pegawai negeri sipil hidup akan terjamin karena ada dana pensiun yang diterima setiap bulannya.

bukan hanya itu saja kesehatan juga terjamin bagi para abdi negara dan tunjangan-tunjangan penghasilan yang diterima oleh pegawai negeri sipil setiap bulannya.

Perlu digaris bawahi, karena peluang untuk menjadi pns itu sangat kecil, maka dari itu bukan hanya usaha saja tapi juga doa dan berserah diri kepada tuhan agar senantiasa diberi yang terbaik. 

Jika anda ingin atau  sangat ingin menjadi PNS, tentu saha anda harus mempersiapkan segala sesuatu sejak dini dengan baik dan matang. Berikut ini tips yang sederhana untuk mempersiapkan agar bisa lulus cpns

1. Saat Pendaftaran
Pada saat dibukanya pendaftaran, alangkah baik jangan terlalu tergesa-gesa untuk mendaftarkan diri ke instansi yang dituju.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jika sudah dibuka pendaftaran kunjungilah kantor instansi yang dituju atau bisa juga mengunjungi websitenya untuk mencari informasi pendaftaran dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Jika sudah, siapkan persyaratan yang diminta oleh instansi tersebut dan harus sesuai apa yang diminta agar pada saat seleksi berkas tidak ada hal yang tidak kita inginkan.

2. Memilih instansi
Memilih instasi ini harus melihat jumlah formasi yang dibuka, pilihlah formasi yang banyak kouta dan sedikit pelamarnya.

Dari pengalaman pribadi penulis yang mengikuti tes seleksi CPNS 2018, penulis mengambil instansi yang banyak formasinya dan tidak ada penempatan saat pendaftaran. Kenapa seperti itu, karena menghindari kalah dalam perankingan.

3. Persiapan dalam belajar
Setiap orang yang lulus cpns pasti belajar, pertanyaan bagaimana cara kita belajar yang efektif agar bisa menembus dan akhirnya lulus cpns.

Dari pengalaman penulis lagi pada zaman sekarang belajar dan mencari materi untuk cpns itu sangat mudah. Beli lah buku yang terupdate agar informasi terbaru tentang cpns dapat kita ketahui.

Dan yang tidak kalah penting dan ini merupakan salah satu trik dalam belajar agar tidak bosan adalah mencari trik-trik dan tips-tips cara menjawab cepat soal cpns.

Banyak sekali di internet bahkan di youtube pun juga banyak.

4. Menjelang Tes
Ketika mejelang tes, persiapkanlah fisik dan mental agar pada saat menjadi soal-soal tidak kesulitan.

Sehari sebelum waktu pelaksanaan tes alangkah baiknya tidak belajar yang berat-berat tapi yang ringan-ringan saja seperti membaca dan menonton video cpns

5. Saat tes
Pada saat tes kondisikan dirikan sesantai mungkin agar tidak tegang, posisi duduk pun perlu diperhatikan.

Jika sudah merasa nyaman dalam posisi duduk bagilah waktu anda pada saat menjawab soal menjadi tiga bagian, satu bagian untuk menjawab TWK, satu bagian untuk menjawab TIU dan satu bagian lagi untuk menjawab TKP.

Pembagian waktu ini sangat penting agar kita tidak terlena dalam menjawa soal yang itu saja misalnya terfokus hanya pada soal TIU dan akhir soal TKP akan kekurangan waktu.

Dan yang terakhir adalah berdoa dan berserah diri semoga yang dilakukan mendapat kemudahan dari Tuhan yang maha esa.

Semoga dengan adanya tips singkat ini membantu anda untuk meraih cita-cata yaitu menjadi pegawai negeri sipil. Ingatlah usaha tidak mengkhianati hasil.

Baca Juga!!!
  1. Surat Pernyataan Kesediaan Mengikuti Latsar CPNS
  2. Cerita Pengalaman Peribadi Menembus CPNS 2018
  3. Cerita Pengalaman Peribadi Menembus CPNS 2018 Bagian 2


TerPopuler